Final Fantasy 7 Cloud Strife
Powered By Blogger

Jumat, 03 Februari 2012

JAWABAN MID SEMESTER 4 TEORI

 Nama       : Marsun
 NIM         : SIA201034
 Makul      : AOK Teori
 
1. BIOS
Bios memiliki fungsi utama untuk memberi informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi  akses   ke keyboard dan juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware, seperti untuk meload sistem operasi dari storage ke RAM. BIOS dapat disebut sebagai miniatur dan suatu sistem operasi yang dikhususkan untuk komunikasi low-level pada hardware. Setelah analisa hardware selesai dan tidak ada kerusakan maka proses akan diserahkan kepada OS.

       North Bridge
      Chip North Bridge disebut juga MCH (Memory Controller Hub) terhubung langsung kepada CPU dan    memiliki fungsi:
Memory controller (*)
AGP bus controller (jika tersedia)
PCI Express x16 controller (jika tersedia)
Interface untuk transfer data dengan south bridge
Beberapa chip north bridge juga mengontrol jalur PCI Express x1. Pada chipset PCI Express lainnya maka tugas South Bridge yang mengendalikan jalur PCI Express x1. Pada bahasan ini kita akan asumsikan bahwa south bridge adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengontrol jalur PCI Express, namun perlu diingat bahwa hal ini dapat memiliki banyak variasi tergantung pada model chipset.
South Bridge
Chip south bridge juga disebut ICH (I/O Controller Hub) terhubung dengan north bridge dan bertugas untuk mengontrol peralatan I/O dan peralatan on-board, seperti:
Port drive hard disk (Port ATA Parallel dan Serial)
Port USB
Audio on-board (*)
LAN on-board (**)
PCI bus
Jalur PCI Express (jika tersedia)
Real Time Clock (RTC)
Memory CMOS
Peralatan legacy seperti interrupt controller dan DMA controller.
South bridge juga dihubungkan dengan dua chip lainnya yang tersedia pada motherboard: chip ROM yang lebih dikenal dengan BIOS, dan chip Super I/O, yang bertugas mengontrol peralatan legacy seperti port serial, port parallel dan drive floppy disk.

2. I/O Paling efisien pada computer
Sebuah cache adalah daerah memori yang cepat yang berisikan data kopian. Akses ke sebuah kopian yang di-cached lebih efisien daripada akses ke data asli. Sebagai contoh, instruksi-instruksi dari proses yang sedang dijalankan disimpan ke dalam disk, dan ter-cached di dalam memori physical, dan kemudian dicopy lagi ke dalam cache secondary and primary dari CPU. Perbedaan antara sebuah buffer dan ache adalahbuffer dapat menyimpan satu-satunya informasi datanya sedangkan sebuah cache secara definisi hanya menyimpan sebuah data dari sebuah tempat untuk dapat diakses lebih cepat.

3. Karakteristik Memori
a. Access Time. Bagi RAM, access time
merupakan waktu yang dibutuhkan untuk
melakukan operasi baca atau tulis. Bagi non
RAM, access time adalah waktu yang
dibutuhkan untuk melakukan mekanisme baca
tulis pada lokasi tertentu.
b. Memory Cycle Time. Terdiri dari access time
ditambah dengan waktu tambahan yang
diperlukan transient agar hilang pada saluran
signal atau untuk menghasilkan kembali data
bila data ini dibaca secara destruktif.
c. Transfer Rate. Transfer rate adalah kecepatan
data agar dapat ditransfer ke unit memori atau
ditransfer dari unit memori. Pada RAM, transfer
rate = 1/(waktu sikius).

4. Sistem computer harus memiliki register dan cache memory sebab :
a. Register
Tempat  penyimpanan  beberapa buah data volatile yang akan  diolah angsung di prosesor  yang   berkecepatan sangat tinggi. Register  ini berada di dalam prosesor dengan jumlah yang sangat terbatas karena fungsinya sebagai tempat perhitungan/komputasi data.
b. Cache Memory
Tempat penyimpanan sementara (volatile) sejumlah kecil data untuk meningkatkan  kecepatan  pengambilan  atau  penyimpanan  data  di memori  oleh  prosesor yang berkecepatan tinggi.

5. Memori yang ideal
Pada saat menginstal antivirus avg pada computer dengan memory 256 MB maka akan lambat prosesnya dan setelah ditambah menjadi 512MB ternyata masih sama, dan setelah saya cek ternyata ram asal memiliki Bus Clockspeed 133MHz PC3200 sedangkan yang kedua 100MHz PC2100, maka memory yang pertama akan melakukan downgrade dan mengakibatkan kinerja lebih lambat walaupun sudan menjadi 512MB. Setelah keduanya ditukar dengan karakteristik yang sama kinerja menjadi lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls