NIM : SIA201034
Progdi : S1 Teknik Informkatika
1. Hal yang harus diperhatikan dalam tata letak menu saat membangun sebuah interface yaitu :
- User Compatibility
Interface
harus disesuaikan dengan user, dan tidak dianjurkan merancang
interface untuk dirinya sendiri. Hal ini didasarkan karena sistem
diciptakan untuk kebutuhan user.
harus disesuaikan dengan user, dan tidak dianjurkan merancang
interface untuk dirinya sendiri. Hal ini didasarkan karena sistem
diciptakan untuk kebutuhan user.
- Product Compability
Sebuah
interface sistem, harus sesuai dengan bentuk manual atau
tradisionalnya. Sehingga diharapkan menghasilkan laporan serta informasi
yang detail dan akurat dibandingkan dengan sistem manual.
interface sistem, harus sesuai dengan bentuk manual atau
tradisionalnya. Sehingga diharapkan menghasilkan laporan serta informasi
yang detail dan akurat dibandingkan dengan sistem manual.
- Task Compability
Interface
harus membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.
harus membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.
- Work Flow Compability
Sistem
manual harus disediakan oleh pengembang perangkat lunak, dan
menyediakan runutan-runutan pekerjaan yang ada pada sebuah sistem.
manual harus disediakan oleh pengembang perangkat lunak, dan
menyediakan runutan-runutan pekerjaan yang ada pada sebuah sistem.
- Consistency
Sebuah
sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang
dihasilkan.
sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang
dihasilkan.
- Familiarity
Interface sebisa mungkin didesain dengan
interface pada umumnya, dari segi tata letak, model, dan sebagainya.
interface pada umumnya, dari segi tata letak, model, dan sebagainya.
- Simplicity
Kesederhanaan
perlu diperhatikan pada saat membangun interface.
perlu diperhatikan pada saat membangun interface.
- Direct Manipulation
Sistem
harus mempunyai media atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan
perubahan pada interface sesuai dengan keinginan user. Dalam hal ini
dicustomize oleh user.
harus mempunyai media atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan
perubahan pada interface sesuai dengan keinginan user. Dalam hal ini
dicustomize oleh user.
- Control
Sistem
harus memiliki penanganan terhadap kesalahan yang dilakukan oleh user.
harus memiliki penanganan terhadap kesalahan yang dilakukan oleh user.
- WYSIWYG
“what
you see is what you get”, informasi yang ditampilkan harus sesuai
dengan usaha yang dilakukan oleh user.
you see is what you get”, informasi yang ditampilkan harus sesuai
dengan usaha yang dilakukan oleh user.
- Flexibility
Sistem
harus menyediakan berbagai solusi penyelesaian suatu masalah.
harus menyediakan berbagai solusi penyelesaian suatu masalah.
- Responsiveness
Sistem harus memiliki respon yang baik,
maksudnya adalah kecepatan akses suatu sistem akan sangat mempengaruhi
mood user.
maksudnya adalah kecepatan akses suatu sistem akan sangat mempengaruhi
mood user.
- Invisible
Technology
Suatu sistem
harus memiliki suatu kelebihan yang tidak melulu diminta oleh user,
maksudnya diciptakan suatu terobosan baru pada suatu sistem.
harus memiliki suatu kelebihan yang tidak melulu diminta oleh user,
maksudnya diciptakan suatu terobosan baru pada suatu sistem.
- Robustness
Interface
yang baik dapat berupa frase-frase menu atau error handling yang sopan.
yang baik dapat berupa frase-frase menu atau error handling yang sopan.
- Protection
Proteksi
disini lebih menjaga kenyamanan user. Nyaman dimaksudkan user tidak
menemui susasana kacau ketika user salah memasukkan data atau salah
eksekusi.
disini lebih menjaga kenyamanan user. Nyaman dimaksudkan user tidak
menemui susasana kacau ketika user salah memasukkan data atau salah
eksekusi.
- Easy of Learning
and Easy of Use
Kemudahan dalam
mengoperasikan perangkat lunak hanya dengan memandangi atau belajar
beberapa jam saja.
mengoperasikan perangkat lunak hanya dengan memandangi atau belajar
beberapa jam saja.
2. Keunggulan dari masing-masing jenis interface (GUI,CLI,VUI) yaitu sebagai berikut.
UI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pounting device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen unta dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).
GUI memberikan keuntungan seperti:
1. Gampang dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan
komputer cukup minim
komputer cukup minim
2. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi
dimungkinkan
dimungkinkan
3. Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan
Command Line interface (CLI)
CLI adalah tipe antar muka dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di system operasi tersebut dengan mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap system operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda bentuk CLI-nya. Contonya UNIX memberi nama untu CLI-nya dengan nama bash, ash, ksk, dan lain-lain. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberikan nama command.com, atau Command Prompt untuk CLI-nya.
Voice User Interface (VUI)
Aplikasi Antarmuka Suara Pengguna atau Voice User Interface (VUI) yang menggunakan teknologi pengenalan ucapan dimana pengendalian saklar lampu. Misalnya, tidak dilakukan secara manual dengan menggerakkkan saklar tetapi cukup mengeluarkan parintah dalam bentuk ucapan sebagai saklarnya. Metode ini membantu manusia yang secara fisik tidak dapat menggerakkan saklar karena cacat pada tangan. Penerapan VUI ini tidak hanya untuk lampu saja tetapi bisa juga untuk aplikasi-aplikasi control yang lain 3. Rancangan interface dari produk media pembelajaraan elektronik tentang pengenalan alat-alat transportasi untuk anak PAUD,TK dan SD.
- Memilih penapilan yang menarik dan mudah dipahami.
- Menggunkan bahasa yang mudah dipahami.
- Menggunakan siombol gambar.
- Menngunakan perwarnaan yang baik.
- Menunjukan kegunaaan dari masing-masing alat tersebut.
4. Kasjian IMK dari metri awal sampai akhir.
- Memilih penapilan yang menarik dan mudah dipahami.
- Menggunkan bahasa yang mudah dipahami.
- Menggunakan siombol gambar.
- Menngunakan perwarnaan yang baik.
- Menunjukan kegunaaan dari masing-masing alat tersebut.
4. Kasjian IMK dari metri awal sampai akhir.
IMK merupakan bagian ilmu yang sangat penting terutama dalam dunia komputer. Dengan adanya interaksi antara manusia dan komputer ini, diharapkan dapat mendorong perkembangan teknologi yang lebih modern dalam dunia komputer terutama masalah interface. Interface yang tinggi dan user friendly akan menjadi konsumsi bagi para user dalam menjalankan setiap aplikasi tertentu. Begitupun interface yang didesain unik dan menarik juga sangat membantu user dalam menghilangkan atau mengurangi tingkat kejenuhan dan kebosanan dalm membuka suatu aplikasi. Interface sangat bermanfaat dalam berbagai bidang ilmu, dan tetap mengacu pada prinsip-prinsip utama dalam membangun sebuah interface.
Interface yang canggih harus didorong dengan manusian yang canggih pula. Hal ini demi mendorong perkembangan teknologi dan sumber daya manusia itu sendiri. Didalam memebangun sebuah interface harus memperhatikan berbagai variasi antarmuka, mulai darai tata letak menu, structure menu dan juga urutan-urutan presentasi item. Interface juga ada beberapa macam diantaranya: GUI, VUI, CLI, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. Dari ketiga interface ini GUI adalah yang paling banyak digunakan dan familiar dengan manusia. Meskipun begitu VUIdan CLI merupakan alternatif lain setalah GUI dan mulai berkembang pesat terutama di negara-negara barat.Komponen koputer terdiri dari: Humen, Komputer, Intereaction.
sebagai progremer Suatu antarmuka/ interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau di dengar, tapi juga mencakup konsep kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer dan harus terbuat terintegrasi keseluruh sistem.
Sistem komputer: Perangkat keras (Hardwere), Perangkat Lunak (Softwere), Perangkat Pemakai (Brainwere)
Sensory Memory Store : menyimpan suatu informasi dalam waktu yang sangat singkat
Short-Term Memory : menahan informasi secara terbatas untuk suatu periode waktu/ pendek.
Long-Term Memory : memori ini diperlukan untuk menyimpan informasi dalam jangka waktu lama.
sistem multi sensor merupakan sistem yang menggunakana lebih dari satu shanel snsor dalam interaksinya. sistem tersebut adalah:
- Non speech sound
- Text and hypertext
- Animasi and Vidio
- speech
- Handwriting
- Gestures (gerak isarat)
- Computer Vision
sistem multi sensor memiliki aplikasi, meliputi:
- menyiapkan interface bagi user untuk kebutuhan khusus
- virtual reality.
0 komentar:
Posting Komentar