Final Fantasy 7 Cloud Strife
Powered By Blogger

Minggu, 14 Agustus 2011

Cara Menampilakan Huruf Alfabet Dengan Menggunakan Kode ASCI

Beriktu Kami menampilakan huruf Alfabet dengan menggunakan kode ASCI untuk huruf Alfabet yang nilainya genap.

Bahasa Assembly adalah bahasa komputer yang kedudukannya di antara bahasa mesin dan bahasa level tinggi misalnya bahasa C atau Pascal. Bahasa C atau Pascal dikatakan sebagai bahasa level tinggi karena memakai kata-kata dan pernyataan yang mudah dimengerti manusia, meskipun masih jauh berbeda dengan bahasa manusia sesungguhnya. Bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang merupakan instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer. Sedangkan bahasa Assembly memakai kode Mnemonic untuk menggantikan kode biner, agar lebih mudah diingat sehingga lebih memudahkan penulisan program.
Yang perlu diperhatikan adalah setiap prosesor mempunyai konstruksi yang berlainan, instruksi untuk mengendalikan masing-masing prosesor juga berlainan, dengan demikian bahasa Assembly untuk masing-masing prosesor juga berlainan, yang sama hanyalah pola dasar cara penulisan program Assembly saja. Langkah langkah yang pertama untuk menampilkannya yaitu kita harus mengetikan perintah tersebut dalam notepad. Beriktu pernitah yang harus di ketik. Kemudian kita simpan ke direktori yang kita inginkan dan simpan dengan ektensi .asm. Untuk menampilkanya kita masuk ke dos promt dan masuk ke direktori ASM.
==========================================================================
           .model small
.code
org 100h

mulai:
    mov ah,02h
    mov dl,64
    mov cx,13

ulang:
    inc dl
    inc dl
    int 21h

   loop ulang

   int 20h

end mulai
=========================================================================== 
atau dalam bentuk gambar.
  
Dari perintah perintah tersebut yang kita ketikan dalam notepad ada beberapa hal yang perlu diketahui.
 Yaitu perintah yang kita gunakan untuk menginturksi agar bisa di tampilkan. mov = digunakan untuk mengambil dan menampung data yang akan ditampilkan berupa ASCI. int21 ( intruksi,interap ) = digunakan untuk sebuah intruksi utk mengeksekusi perintah yang sedang berjalan. ah = sebuah variable, dl = untuk menampung data yang akan ditampilkan dari kode ascii kedalam karakter yang nantinya akan ditampilkan dalam DOS, general purpose register = meanampung data yang siaftnya umum (bisa digunakan scr umum).
bit = bineri digit ,20h = terminate program ,21h = menjalakn intuksi2nya yang ada di dos, 23h = control break, 02h = no service untuk mncetak satu karater non atribut ( properties). Untuk menampilakan huruf alfabrtae yaitu kita menghitung total huruf alfabrte yaitu ada 26 karater, sedangkan yang mau kita tampilkan atau munculkan hanya huruf atau karakter yang nilai bilangannya genap.Huruf alfabet adalah huruf dimulai dari A sampai dengan Z dengan jumlah huruf/karakternya ada 26. Karena kita hanya akan menampilkan huruf genap dari A sampai dengan Z, yaitu dimulai dari B,D,F,H,J,L,N,P,R,T,V,X,Z yaitu 13 Karakter maka kita dapat menggunakan code mov cx,13 yang artinya mencopy sebanyak 13 karakter. Cx disini adalah General Purpose Register yang enyimpan data angka/aritmatika.

       
Int 21h
Inc dl
Inc dl
Loop ulang
        Int 20h
Untuk  perulangan dimana coding int21h adalah perintah atau interuksi untuk mengeksekusi  perintah yang ada dalam coding mov dl,66 (66=Ascii dari B). Sehingga DOS Menampilkan  huruf atau karakter yang memiliki nilai genap yaitu huruf atau karakter " B" , lalu akan di ikuti huruf atau karater ke dua yang nilainya genpa atau dengan kata lain  diloncat sebanyak dua kali (coding inc dl ditulis 2x)  akan dicetak  terhitung dari ASCI 66 naik  2x  yaitu ke ASCI 68 yang mewakili huruf atau karakter "D" sampai perulangan dengan 13 kali perulangan dan hasil perulangan yang nilainya genap akan di tampilkan atau di cetak. Hasilnya "BDFHJLNPRTVXZ"
Hasilnya dapat dilihat sebagai berikut.
Demikian penjelasan yang singkat ini semoga bermanfaat...................????




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls